• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

Dokumen Dukungan Diverifikasi Faktual oleh PPS
09 November 20128
Penulis : Media Center KPU Jabar

MEMASUKI hari ke-4 pasca-ditutupnya “penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan pasangan calon perseorangan dan Model B1-KWK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013”, Selasa (9/10) pagi, suasana di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) tampak sepi dari kunjungan orang luar yang memang berkepentingan terhadap berkas dukungan yang diserahkan oleh 4 bakal pasangan calon perseorangan.  

Lain halnya pada waktu jadwal penyerahan dokumen dukungan—dari  1 hingga 5 Oktober 2012 pukul 24.00 dan bahkan sampai hari kedua setelah ditutupnya penyerahan pada Minggu (7/10) tengah malam—tim kampanye 3 dari 4 pasangan yaitu Dikdik Mulyana Arief Mansyur dan Cecep Nana Suryana Toyib, Dedeng Yusuf Maolani dan Maman Daning serta Daday Hudaya dan Deddy Dores, sepanjang hari memadati hampir semua teras ruangan dan halaman Sekretariat KPU Jabar Jl. Garut No.11 Bandung.   

Kini, pagi hari ini, di sini tidak ada tim kampanye atau petugas KPU kabupaten/kota dan para mahasiswa yang datang, kecuali di aula tampak beberapa anggota Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) dan petugas verifikasi dari KPU Jabar sedang menyelesaikan pekerjaan yang tersisa kemarin malam. Yakni, menyiapkan pengiriman berkas dukungan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) melalui KPU kabupaten/kota bersangkutan untuk dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

Menurut rencana, pihak KPU Jabar pada Rabu (10/10) akan mengumumkan hasil verifikasi dokumen dukungan Model  B1-KWK—yang formatnya khusus untuk KPU Provinsi—dari  4 bakal pasangan calon perseorangan. Rencana ini terungkap dalam rapat pleno yang diikuti oleh Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Komisioner merangkap Ketua Pokja Pencalonan Teten Setiawan, Komisioner merangkap Pokja Sosialisasi Aang Ferdiman, Iin Endah dan Achmad Heri, Sekretaris KPU Heri Suherman, Kepala Bagian Program dan SDM (Sumber Daya Manusia) Tonton Prihartono serta Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jabar, Dadang Herawan.

Jika beberapa hari lalu sebagian besar pegawai kesekretariatan dikerahkan menjadi petugas verifikasi, kini mereka dapat kembali konsentrasi di ruangannya masing-masing untuk melakukan pekerjaan rutin. Namun, ketika hari menjelang siang, tim kampanye salasatu bakal pasangan calon perseorangan mulai berdatangan memasuki ruangan penyimpanan berkas dukungan, aula, sehingga halaman KPU Jabar tidak dapat menampung kendaraan yang parkir. Ada sebagian yang terpaksa memarkirnya di sepanjang Jl. Garut.

Berdasarkan jadwal pada Tahapan Pilgub 2013, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual oleh PPS dilakukan selama 12 hari dari 7 s/d. 18 Oktober 2012. Selanjutnya PPS menetapkan Berita Acara hasil verifikasi selama 2 hari dari 19 s/d. 20 Oktober, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) melakukan verifikasi dan rekapitulasi dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan selama 5 hari dari 21 s/d. 25 Oktober 2012.  

Setelah dari PPK, KPU kabupaten/kota melakukan verifikasi dan rekapitulasi dokumen dukungan selama 4 hari dari 26 s/d. 29 Oktober. Keesokan harinya, dilakukan verifikasi dan rekapitulasi dokumen dukungan bakal calon perseorangan oleh KPU Provinsi dan penyerahan dokumen rekapitulasi hasil verifikasinya selama 4 hari dari 30 Oktober s/d. 2 Nopember. Kemudian, KPU Provinsi ini menyerahkan Berita Acara Hasil Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan kepada bakal calon perseorangan pada 3 Nopember 2012.

Pada jadwal Tahapan Pilgub 2013 ditulis pula bahwa pendaftaran pasangan calon yang diajukan perseorangan berlangsung selama 7 hari dari 4 s/d. 10 Nopember. Penelitian oleh KPU Provinsi dibantu KPU kabupaten/kota, PPK dan PPS dengan cara verifikasi terhadap kelengkapan dan keabsahan persyaratan berkas administrasi pasangan calon dan klarifikasi kepada instansi berwenang, dilakukan selama 7 hari dari 11 s/d. 17 Nopember 2012, bersamaan dengan pemberitahuan oleh KPU Provinsi mengenai hasil penelitian persyaratan administrasi. (MC/KPUJBR)

Sumber : Media Center KPU Jabar | File : | Dibaca : 10154 x


Berita Lainnya

PENGHITUNGAN SUARA ULANG CIANJUR
02 Juli 2014

Paska Putusan Mahkamah Konstitusi

RAPAT KOORDINASI KESIAPAN LOGISTIK PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2014
23 Juni 2014

Bandung. kpu.jabarprov.go.id. Dalam rangka menghadapi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan 9 Juli 2014 mendatang, KPU Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi dengan seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

BIMBINGAN TEKNIS TATA CARA PEMUNGUTAN, PENGHITUNGAN DAN REKAPITULASI SUARA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN
18 Juni 2014

bertempat di Hotel Savoy Homann Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan/memberikan Bimbingan Teknis Tata Cara Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden kepada Komisi Pemilihan

RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN DAN REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH TETAP PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2014 TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT
12 Juni 2014

KPU Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) Tahun 2014 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Aston

 < 1 2 3 4 5 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012