• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

IDI Jabar akan Periksa Kesehatan Calon Pilgub 2013
08 November 20120
Penulis : Media Center KPU Jabar

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat menyatakan siap membantu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) untuk melaksanakan tugas pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bagi pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013. Pemeriksaannya akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung , sesuai ketentuan KPU yang mengharuskan oleh tim dokter di rumah sakit pemerintah.   

Pada waktunya nanti, IDI Jabar akan pula melakukan sterilisasi Lantai 4 RSHS sebagai tempat pemeriksaan agar terhindar dari intervensi tim sukses dan partai politik pasangan calon. Karena berdasarkan pengalaman IDI ketika memeriksa tiga pasangan calon Pilgub 2008, Lantai 4 RSHS dipenuhi orang-orang parpol yang tidak sedikit mencoba mempengaruhi hasil pemeriksaan tim dokter.

Demikian diungkapkan salahseorang Wakil Ketua IDI Jabar, dr. Noormatani, saat diundang rapat untuk koordinasi dengan KPU Jabar dalam pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani para pasangan calon Pilgub 2013, di ruangan rapat kantor KPU Jabar Jl. Garut No.11 Bandung, Selasa (18/9) sore. Kepada Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Humas KPU Jabar Teppy Dharmawan, anggota Komisioner Teten Setiawan dan Aang Ferdiman, memberitahukan tim dokter RSHS yang  melakukan pemeriksaan akan dirahasiakan dan nama-namanya tidak boleh dipublikasikan.

“Terimakasih atas kepercayaan KPU Jabar kepada IDI dan RSHS. Kami bersedia dan akan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pemeriksaan pasangan calon, “ kata seorang perwakilan RSHS, dr. Andri Reza, sambil menjawab pertanyaan Teten bahwa untuk pemeriksaannya saja dapat dilakukan sehari penuh, dari pagi hingga sore. Namun, hasilnya perlu dianalisis terlebih dulu selama kurun waktu tertentu.

Rapat koordinasi KPU Jabar dengan IDI dalam rangka persiapan tahapan pencalonan pada Pilgub 2013 itu menghasilkan kesepakatan, bahwa kedua lembaga tersebut akan bekerjasama dalam pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani pasangan calon. Bahkan, Teten menyebutkan pinangannya ke IDI “gayung bersambut”, tinggal ditindaklanjuti dengan kesepahaman berupa penandatanganan MoU (Memorandum of Underrstanding) dalam waktu dekat menyangkut pula hal-hal bersifat teknis.

Menyangkut penandatanganan MoU, menurut Teppy Dharmawan, sebenarnya masih ada waktu yang cukup bagi KPU dan IDI Jabar untuk membahas lebih lanjut dan melakukan berbagai persiapannya. Yang jelas, selesainya pemeriksaan kesehatan dijadwalkan pada 16 Desember dan sehari sesudahnya, yakni 17 Desember 2013, KPU Jabar akan menetapkan pasangan calon. Karenanya, KPU Jabar menganggap perlu mengetahui teknis pemeriksaan agar dapat memberikan panduan kepada para pasangan calon yang akan diperiksa kesehatan jasmani dan rohaninya. (MC/KPUJBR)

Sumber : Media Center KPU Jabar | File : | Dibaca : 8836 x


Berita Lainnya

Bawaslu Desak KPU Terbitkan Aturan Dualisme Parpol
22 Maret 2015

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak hanya menyusun Peraturan KPU (PKPU). Akan tetapi harus menerbitkan aturan yang

PKS: Pembatasan Kampanye Pilkada di Medsos Tak Beralasan
16 Maret 2015

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berencana membatasi kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) terus menuai kritik. Bahkan, aturan KPU itu dinilai

PKB Dorong Kampanye Pilkada di Medsos Diatur di PKPU
16 Maret 2015

JAKARTA - Rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatasi kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) mendapat penolakan. Namun, tidak halnya dengan Partai Kebangkitan Bangsa

PAN Dukung Pembatasan Kampanye Pilkada di Medsos
16 Maret 2015

JAKARTA -
Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik aturan pembatasan kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012