• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

VERIFIKASI DPT DI KPU KABUPATEN / KOTA
13 Juni 20080
Penulis : ---

Pemilihan Umum Gubernurdan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008 kian dekat pelaksanaannya, persiapan optimaluntuk penyelenggaraan terus dilakukan, dalam rangka sukses pilgub jabarini,  KPU Provinsi Jawa Barat, Selasa(19/2), melaksanakan Verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) keseluruh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten / Kota.

Dari pelaksanaan verifikasi tersebut didapatketerangan atau masukan tentang persoalan dan kondisi yang sedang dihadapi olehbeberapa KPU Kabupaten / Kota, dimana terhadap hal tersebut harus disikapidengan sigap dan tanggap, utamanya mengenai akurasi data tentang Daftar PemilihTetap (DPT), hal ini untuk dijadikan dasar dalam pelaksanaan agar diketahuidengan pasti, berapa jumlah DPT yang harus terakomodir di tiap KPU Kabupaten /Kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) KotaDepok, yang memiliki 6 Kecamatan dan 63 PPS, sampai saat ini masihmenghadapi beberapa kendala yang harus segera ditangani, diantaranyaadalah  tidak adanya sekretariat PPSyang representatif, untuk jumlah DPT yang sekarang dalam satu kecamatan,melebih dari data sebelumnya, akurasi data di PPS yang masih kurang, adanyaangka tentang penambahan jumlah, serta data orang meninggal dan pindah /datang, yang belum terdata dengan pasti.

Persoalan anggaran biaya yang belum memadai, menjadipemikiran serius KPU Kota Depok, untuk itu pihaknya telah melakukan program pengajuanke Walikota Depok, untuk diadakan penambahan biaya untuk keperluan yangdimaksud, dalam hal ini Pemerintah Kota Depok telah merespon, dan siap untuk membantu pelaksanaan Pilgub Jabar ini.

Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bogor, dengan 40 Kecamatan dan 4.679 PPS, banyakmenghadapi persoalan, salah satu permasalah yang muncul bahwa DPT untukKabupaten Bogor, didapat berdasarkan data dari Sensus Penduduk (susduk), datapemilih yang dipakai pada saat pelaksanaan pemilu legislative dan pemilupemilihan presiden tahun 2004, untuk mengatasi hal tersebut KPU Kabupaten Bogormelakukan rapat teknis dengan PPK Se-Kabupaten Bogor pada Rabu (19/2) danhasilnya akan diplenokan pada tanggal (20/2).

Masalah dilapangan masihditemukan bahwa orang yang sudah meninggal atau pindah masih tercatat  sebagai pemilih, juga masih kurangnya saranadan  prasarana khususnya ditingkat PPKyang masih menggunakan fasilitas Kecamatan secara bergantian.

di Kabupaten Bogor pelaksanaansosialisasi tidak dapat terlaksana sesuai dengan agenda,  karena harus ada kegiatan tender, sedangkanwaktu yang dibutuhkan tidak mencukupi, karena adanya perhitungan waktu yangkurang memungkinkan, KPU Kabupaten Bogor tidak mau terjebak pada sistem danaturan yang dapat merugikan dan mengganggu kinerja, karena terjerat persoalanhukum akibat proses yang dinilai salah.

Memperhatikankondisi yang ada, KPU Kabupaten Bogor, mengusulkan agar adanya  revisi anggaran untuk sosialisasi, juga bilamemungkinkan ada pemunduran waktu pelaksanaan Pilgub 13 April 2008, terlebihpada bulan Agustus 2008 nanti, Kabupaten Bogor akan melaksanakan pemilihankepala daerah untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bogor.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) KotaBogor, DPT sudah ditetapkan dengan jumlah pemilih sekitar 591.761 orang dan TPSsebanyak 1.554. Namun berdasarkan laporan dari PPK Bogor Utara dan tanah Serealmasih ada penduduk yang belum terdaftar + 80.464 orang maka akan adaperubahan setelah ada laporan dari PPK maka KPU Kota Bogor akan melakukanpenetapan ulang pada hari Rabu (20/2). *(MC)

 

 

 

Sumber : --- | File : | Dibaca : 17683 x


Berita Lainnya

KPU Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi ke KPU Kabupaten Bandung
14 April 2015

KPU Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi ke KPU Kabupaten Bandung, Selasa (14/4), membahas kesiapan KPU Kabupaten Bandung dalam menghadapi Pilkada Serentak. Dipimpin oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih,

KUNJUNGAN SEKRETARIS JENDERAL KPU RI KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
11 April 2015

Pada hari Sabtu, 11 April 2015 Sekretaris Jenderal KPU RI, Arief Rahman Hakim, didampingi Kepala Biro SDM, Lucky Firnandy Majanto dan Kepala Bagian Pendidikan dan Latihan KPU RI, Binsar  mengadakan

STUDY SMU PLUS MUTHAHHARI KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
09 April 2015

Pada hari Kamis, 9 April 2015 KPU Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan dalam rangka study Siswa/Siswi beserta guru Pembimbing SMU Plus Muthahhari ke Kantor KPU Provinsi Jawa Barat Jl Garut

Bawaslu Desak KPU Terbitkan Aturan Dualisme Parpol
22 Maret 2015

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak hanya menyusun Peraturan KPU (PKPU). Akan tetapi harus menerbitkan aturan yang

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012