• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN DAN PENGUNDIAN NOMOR URUT CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT 2008
13 Juni 20080
Penulis : ---

Setelah menempuh rapat pleno sebelumnya, dengan waktu yang cukup lama, melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Nomor : 25 tahun 2008, telah ditetapkan tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008, untuk maju dalam bursa Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008. Memasuki salah satu tahapan berikutnya, Jum’at, (15/2), bertempat di Ruang Aula KPU Jabar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon.

 

Pada acara tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Setia Permana, mengatakan, bahwa ketiga pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU, dinyatakan telah memenuhi  persyaratan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, diharapkan mereka maju pada bursa pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008 dengan niat untuk memberikan yang terbaik bagi Jawa Barat.  Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua, bahwa kedepannya, KPU Provinsi Jawa Barat akan  menghadapi agenda yang tidak ringan, yakni melaksanakan verifikasi parpol baru, persidangan atas gugatan Komnas Independen dan persiapan pilpres 2009, tentunya tugas ini harus mampu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

 

Pelaksanaan acara Rapat Pleno Terbuka Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon, dipandu oleh Ketua Pokja Pencalonan , Drs. Affan Sulaeman, M.A.,dengan mekanisme sesuai  Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Nomor 16 tahun 2008, tentang Tata Cara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2008.

 

Disebutkan tentang tata cara tersebut, bahwa Penyelenggara pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat adalah Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Pengundian nomor urut pasangan calon, diselenggarakan di Seretariat KPU Provinsi Jawa Barat, Perserta pengundian adalah pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, yang telah ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU Provinsi Jawa Barat.

 

Apabila salah seorang dari pasangan calon berhalangan hadir karena suatu hal, pengundian tetap dilaksanakan, dengan perserta calon yang hadir, apabila pasangan calon keduanya tidak hadir, maka pengundian tetap dilaksanakan dengan peserta yang diwakili oleh partai pengusung pasangan calon yang bersangkutan, dan pengundian nomor urut dilakukan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan umum Provinsi Jawa Barat.

 

Pelaksanaan pengundian dipimpin oleh Ketua Kelompok Kerja Pencalonan, dengan membacakan nomor urut kehadiran pasangan calon sebagai urutan pengambilan nomor urut, yang kemudian kepada pasangan calon dipersilahkan untuk mengambil tabung yang berisi nomor urut, secara berurutan berdasarkan nomor urut kehadiran pasangan calon, kemudian ketua pokja pencalonan mempersilahkan pasangan calon untuk membuka secara bersama-sama pasangan yang lainnya. Hasil proses pengundian tersebut, kemudian dituangkan kedalam berita acara yang ditanda tangani oleh Ketua dan anggota KPU Provinsi Jawa Barat beserta pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur. 

 

Untuk selanjutnya, KPU Provinsi Jawa Barat menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa barat berdasarkan berita acara yang telah ditandatangani, penetapan nomor urut tersebut menjadi dasar Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Provinsi Jawa barat untuk mencetak surat suara, daftar calon dan jadwal kampanye. Nomor urut yang telah ditetapkan dapat digunakan oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2008, untuk disosialisasikan oleh Tim Kampanye, sesuai dengan ketentuan perundangan.

 

Melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Nomor : 29 / Kep / KPU-JB / II / 2008, tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2008, ditetapkan bahwa :

 

Nomor urut 1, pasangan Drs. Danny Setiawan, M.Si (Calon Gubernur) dan Mayjen TNI (purn) Iwan Ridwan Sulandjana (Calon Wakil Gubernur), diusung oleh gabungan parpol Partai Golkar dan Partai Demokrat.

 

Nomor urut 2, pasangan Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar (Calon Gubernur) dan Drs.H. Nu’man Abdul Hakim (Calon Wakil Gubernur), gabungan parpol yang mengusulkan adalah  PDIP, PPP, PKB, PBR, PBB, PKPB dan PDS.

 

Nomor urut 3, pasangan H. Ahmad Heryawan, Lc (Calon Gubernur) dan H. Dede Yusuf (Calon Wakil Gubernur), yang diusung oleh PKS dan PAN.

 

Keputusan KPU Provinsi Jawa Barat ini, ditetapkan di Bandung pada tanggal 15 Pebruari 2008, yang selanjutnya untuk diumumkan secara luas oleh KPU Provinsi Jawa Barat.  * (MC)

 

 

   

Sumber : --- | File : | Dibaca : 13531 x


Berita Lainnya

KUNJUNGAN KERJA PANSUS DPRD KABUPATEN CIAMIS KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
27 Agustus 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi  Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari Rombongan  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Ciamis

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 Tahun 2014 KPU Provinsi Jawa Barat
18 Agustus 2014

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 Tahun 2014 KPU Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan SMKN PU Provinsi Jawa Barat 

Rapat Koordinasi Persiapan PHPU Pemilihan Presiden Tahun 2014
10 Agustus 2014

Minggu, 10 Agustus 2014 bertempat di Hotel Trinity, Jakarta Pusat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan PHPU Pemilihan Presiden Tahun 2014

SOSIALISASI DAN “NOBAR” DEBAT CAPRES-CAWAPRES
07 Juli 2014

Malam Minggu (5 Juli 2014) bertempat di Hotel Newton Kota Bandung,  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden kepada pemilih pemula

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012