• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

Pengganti 3 Anggota KPU Segera Ditunjuk
09 Juni 2011992
Penulis : Seputar Indonesia-mulyadi abdillah

sumber : wulanwahyuning.blogspot.com

MAKASSAR– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel segera menunjuk pengganti tiga anggota KPU daerah yang akan diberhentikan dari jabatannya.

Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat pekan ini untuk membahas calon pengganti ketiga komisioner KPU tersebut. Rapat tersebut sekaligus menetapkan keputusan pemberhentian tiga anggota KPU sesuai rekomendasi yang dikeluarkan Dewan Kehormatan (DK) KPU Sulsel.

Tiga anggota KPU nonaktif yang akan diberhentikan itu, yakni Hamka Hidayat (KPU Palopo),Wahyuddin (KPU Bantaeng), dan Mutahar (Pangkep). Pemberhentian ketiganya dilakukan menyusul hasil penetapan DK KPU Sulsel.DK KPU yang dipimpin Prof Aminuddin Ilmar dan beranggotakan Ziaur Rahman Mustari dan Nusra Azis, merekomendasikan ketiga anggota KPU tersebut diberhentikan secara hormat.

‘’Kami akan membuat keputusan sesuai hasil rekomendasi DK,’’ ujar Jayadi Nas seusai menerima hasil rekomendasi DK KPU Sulsel,kemarin. Anggota KPU Pangkep nonaktif Mutahar dinyatakan tidak aktif selama tiga bulan berturut-turut karena terjerat kasus narkoba. Sementara itu, Hamka Hidayat memilih mundur dengan alasan demi menjaga independensi KPU Palopo mengingat sejumlah calon peserta Pilkada Palopo 2013 merupakan kerabat dekatnya.

Sementara Wahyuddin menyatakan mundur karena lulus sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Anggota DK KPU Sulsel Ziaur Rahman Mustari menjelaskan, pihaknya memberhentikan tiga anggota KPU tersebut karena dua alasan. Pertama, anggota bersangkutan sudah mengajukan surat permohonan pengunduran diri. Kedua, merujuk bukti-bukti berupa dokumen yang menyebutkan anggota bersangkutan tidak mengikuti rapat pleno selama tiga kali berturut-turut dalam kurun waktu tiga bulan.

‘’Dua pertimbangan itu yang menjadi dasar kami mengusulkan pemberhentian,” papar dia. Sementara itu, anggota KPU Sulsel Nusra Azis menambahkan, penentuan calon pengganti ketiga anggota KPU itu akan mengacu hasil panitia seleksi perekrutan anggota komisioner KPU yang digelar beberapa tahun lalu. “Kami tentu mengacu nomor urut. Kami akan melihat siapa calon yang berada pada nomor urut 6.Setelah itu,dilanjutkan dengan tahapan verifikasi, apakah masih bersyarat menjadi calon atau tidak sesuai perundang-undangan,’’ paparnya.

Informasi yang diperoleh SINDO, urutan ke-6 hasil seleksi anggota KPU Palopo ditempati Abdul Rahman Nur. Namun, dia diprediksi tidak memenuhi syarat karena saat ini dia terlibat menjadi pengurus salah satu partai politik (parpol). Dua calon lain yang berpeluang, yakni Abdul Hakim Jafar dan Andi Cenra. Sementara itu, calon pengganti Wahyuddin di KPU Bantaeng, yakni Olleng, yang juga mantan anggota KPU Bantaeng pada periode lalu

Sumber : www.makassarterkini.com | File : | Dibaca : 13156 x


Berita Lainnya

SIDANG PLENO PAW KEANGGOTAAN LEGISLATIF PROVINSI JABAR
13 Juni 2008

Bertempat di Ruang Rapat Ketua, Kamis, 29/2, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, menggelar Rapat Pleno Verifikasi Persyaratan Calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Legislatif Provinsi Jawa Bara periode 2004 - 2009, dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Jumlah Pemilih Terdaftar dan Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008
13 Juni 2008

Untuk menyempurnakan tahapan lebih lanjut, dan bersama-sama duduk secara terbuka, agar tentang data pemilih yang terdaftar dapat dirinci, serta komitmen bersama, agar seluruh tahapan, jadwal dan program KPU Jawa Barat, dapat dibaca oleh siapa pun, juga untuk mengetahui jumlah daftar pemilih tetap definitive, Jum’at, 29/2, bertempat di Ruang Aula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Jumlah Pemilih Terdaftar dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008. Acara dihadiri

PENJELASAN KPU TERHADAP DUGAAN KKN PADA PENGADAAN BARANG DAN JASA
13 Juni 2008

Lelang Pengadaan Barang dan Jasa, dalam persiapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008, yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Barat, mendapat perhatian dari Barisan Aktifis Independen Menuju Masyarakat Sejahtera (BAKTI NUSA), Bandung. Kelompok yang menamakan diri Lembaga Swadaya Masyarakat Bakti Nusa ini, mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, di Jalan Garut No. 11 Bandung, mempertanyakan mengapa pemenang lelang justru yang nilai penawarannya lebih tinggi dari penawar lainnya, oleh karenanya mereka menyampaikan pernyataan sikap keprihatinan terhadap

MONITORING PELAKSANAAN PILKADA KOTA SUKABUMI
13 Juni 2008

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pililihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2008 di kabupaten / kota, KPU Provinsi Jabar melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi yang diselenggarakan pada sabtu 8 Maret 2008, pemantauan dimaksud dilakukan sebagai parameter persiapan kabupaten/Kota, khusunya Kota Sukabumi dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pilgub Jabar 2008 yang akan diselenggarakan pada 13 April yang akan datang.

‹ First  < 247 248 249 250 251 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012