• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

Pelatihan Sidalih dan Sundapilku
02 Juli 20130
Penulis : -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengadakan Pelatihan Operator untuk PPK se-Kabupaten Kuningan di Aula Pertemuan Mayang Kuningan pada Rabu (19/6) yang lalu. Sebanyak 32 operataror dan Ketua PPK mengikuti Pelatihan untuk penyusunan data pemilih sementara untuk Pemilu Angota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 serta Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2013.

Ketua KPU Kuningan Endun Abdul Haq, M.Pd., mengatakan bahwa dalam pelatihan ini untuk penyelenggaraan Pemilu 2014, digunakan sistem informasi data pemilih (sidalih) untuk menyediakan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT). Sistem informasi yang disiapkan merupakan sistem yang dapat terintegrasi dengan sistem administrasi kependudukan (SIAK).

Sementara untuk penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2013, digunakan Sistem Penyusunan Daftar Pemilih Kuningan (SundapilKu) yang merupakan sebuah aplikasi komputer yang sudah diperbaharui untuk menghasilkan data pemilih untuk Pilbup Kuningan 2013.

Ketua divisi teknis KPU Kuningan Nurul Iman, M.Si., mengatakan bawah baik Sidalih maupun Sundapilku, akan mendukung kerja penyelenggaraan pemilu dalam menyusun, mengkoordinasikan, mengumumkan dan memelihara daftar pemilih. Sistem ini juga dapat melayani pemeriksaan data pemilih, memberikan masukan dan tanggapan terhadap daftar pemilih.

Pelatihan ini kita harapkan kepada Operator bisa memahami bagaimana penyusunan pemilih sementara untuk Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD tahun 2014 serta Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2013, terang Nurul Iman, M.Si.

Semua aspek pendukung untuk beroperasinya sidalih akan kita siapkan mulai dari sumberdaya manusia, kelembagaan dan prosedur. Salah satunya pelatihan bagi operator yang akan menjalankan sidalih, ujar Nurul Iman. M.Si.

Penggunaan Sidalih merupakan amanat Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD. Hal ini tertuang dalam pasal 48 ayat (1), (2) dan (3).

Pasal 48 ayat (1) menyebutkan KPU dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyediakan data pemilih, daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap memiliki sistem informasi data pemilih yang dapat terintegrasi dengan sistem informasi administrasi kependudukan. Ayat 2 menyebutkan KPU dan KPU kabupaten/kota wajib memelihara dan memutakhirkan data pemilih.

Sumber : - | File : | Dibaca : 12201 x

Berita Terkait


Berita Lainnya

KPU Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi ke KPU Kabupaten Bandung
14 April 2015

KPU Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi ke KPU Kabupaten Bandung, Selasa (14/4), membahas kesiapan KPU Kabupaten Bandung dalam menghadapi Pilkada Serentak. Dipimpin oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih,

KUNJUNGAN SEKRETARIS JENDERAL KPU RI KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
11 April 2015

Pada hari Sabtu, 11 April 2015 Sekretaris Jenderal KPU RI, Arief Rahman Hakim, didampingi Kepala Biro SDM, Lucky Firnandy Majanto dan Kepala Bagian Pendidikan dan Latihan KPU RI, Binsar  mengadakan

STUDY SMU PLUS MUTHAHHARI KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
09 April 2015

Pada hari Kamis, 9 April 2015 KPU Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan dalam rangka study Siswa/Siswi beserta guru Pembimbing SMU Plus Muthahhari ke Kantor KPU Provinsi Jawa Barat Jl Garut

Bawaslu Desak KPU Terbitkan Aturan Dualisme Parpol
22 Maret 2015

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak hanya menyusun Peraturan KPU (PKPU). Akan tetapi harus menerbitkan aturan yang

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012