• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

DPR, KPU dan Panwaslu Sulut Kunjungi TPS di Jabar
24 Februari 20134
Penulis :

PEMUNGUTAN suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013, Minggu (24/2),  sangat menarik perhatian sekaligus mengundang minat politisi di DPR-RI dan lembaga penyelenggara pemilu dari berbagai provinsi di Indonesia, untuk menyaksikan langsung pelaksanaan pencoblosan di beberapa TPS (tempat pemungutan suara) di Jawa Barat.

Bahkan diluar dugaan ada sekitar 150 orang rombongan dari Komisi II DPR-RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, KPU Kalimantan Timur berikut KPU Kota Tarakan, KPU Jawa Tengah, KPU Jawa Timur dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sulawesi Utara, pagi tadi pukul 8.00 atau satu jam setelah dimulainya pemungutan suara Pilgub berdatangan ke Sekretariat KPU Provinsi Jawa Barat, Jl. Garut No. 11 Bandung.

Di Sekretariat KPU Jabar sendiri telah disiapkan 3 bus dan beberapa mobil minibus untuk mengantarkan mereka berkunjung ke beberapa TPS di Kota Bandung. Selanjutnya ada rombongan yang langsung menuju Kabupaten Sumedang sebagai salahsatu dari 3 kab/kota di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada Bersama, yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pibup) dan Pilgub 2013.

Dipandu oleh Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat dan sekretarisnya, Heri Suherman, Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat dan Anggota KPU Korwil Jawa Barat yang pernah menjabat Ketua KPU Jabar, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, pertama rombongan diajak menyaksikan pencoblosan bagi pemilih yang sedang dalam pembinaan di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kebonwaru Bandung.

Di luar gerbang Lapas Kebonwaru, Jl. Jakarta – Bandung, rombongan disambut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Abdul Rakhman Baso dan jajaran Muspida lainnya. Mereka berkesempatan melihat antusiasme 1.325 pemilih masing-masing 496 pemilih di TPS K.01, 480 pemilih di TPS K.02 dan 289 pemilih di TPS K.03 berikut 60 petugas yang menggunakan hak pilihnya di tempat kerja.

Tepat pukul 9.45 iringan kendaraan rombongan bergerak menuju Jl. Palasari untuk meninjau TPS 20 di RW. 07 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong Kota Bandung, yang berdekatan dengan Rumah Sakit Muhammadyah dan sering menjadi tempat memilih bagi pasien di situ. Diperoleh keterangan, KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) berniat mendatangi pasien rawat inap yang tidak bisa berjalan ke TPS, setelah selesai melayani 277 pemilih warga setempat.       

Di komplek perumahan Istana Mekarwangi, rombongan menyaksikan langsung gairah masyarakat keturunan Thionghoa yang meluangkan waktu untuk mencoblos di TPS 07 dan TPS 08 RW.04 Kelurahan Mekarwangi, Kec. Bojongloa Kidul Kota Bandung. Jumlah pemilih di RW ini sebanyak 790 orang, masing-masing 488 pemilih mencoblos di TPS 07 dan 302 pemilih di TPS 08.  

Partisipasi aktif warga Thionghoa terhadap pelaksanaan Pilgub lebih tampak di TPS 19, TPS 20 dan TPS 21 RW 06 Kelurahan Karasak, Kec. Astanaanyar Kota Bandung, yang dibuat berderet dalam satu area di halaman belakang Stock Centre Jl. Soekarno-Hatta 401. KPPS ke-3 TPS ini sebagian besar WNI keturunan yang bertugas melayani 1.529 pemilih.

Usai mengunjungi beberapa TPS di Kota Bandung, siang sekitar pukul 11.00 ada rombongan yang bergegas melanjutkan kunjungannya ke TPS 37 di Desa Cileunyi Wetan, Kec. Cileunyi Kab. Bandung, dan TPS 3 Desa/Kec. Tanjungsari Sumedang yang pemilihnya melakukan 2 pencoblosan, yakni untuk Pilbub dan Pilgub. (MC/KPUJBR)     
 

Sumber : Media Center KPU Jabar | File : | Dibaca : 9047 x


Berita Lainnya

Perppu Pilkada direvisi, KPU beri masukan enam hal ini ke DPR
23 Januari 2015

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) memberikan enam masukan kepada DPR yang sedang merevisi Perppu Pilkada dan Perppu Pemda. Ada enam hal yang diminta KPU harus diperhatikan

Pelapor Kasus Bambang Widjojanto Mantan Anggota DPR Fraksi PDIP
23 Januari 2015

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW). Bahkan BW telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus keterangan palsu pada sidang sengketa Pemilihan

SOSIALISASI PELAKSANAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WALIKOTA TAHUN 2015
21 Januari 2015

Bandung, 15 Januari 2014. Komisi Pemilihan Umum Provinsi  Jawa Barat melaksanakan sosialisasi persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Walikota serentak pada tahun 2015 di Jawa Barat dengan Partai Politik peserta Pemilu

PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL ESELON IV DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT KPU KABUPATEN SUBANG DAN KOTA DEPOK
19 Januari 2015

Bandung @ Selasa, 20 Januari 2015 bertempat di Aula KPU Provinsi Jawa Barat telah berlangsung Pelantikan Pejabat Pejabat Eselon IV di Lingkungan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota di Jawa Barat

 < 1 2 3 4 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012