• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

Pilkada Membangun Mimpi Besar Calon
07 Januari 20130
Penulis : Media Center KPU Jabar

Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) merupakan kegiatan merealisasikan harapan calon untuk menang dalam pilkada dan terpilih menjadi pemimpin di daerahnya. Karena pilkadapun merupakan bagian dari cita-cita bangsa menegakkan sistem demokrasi dalam proses pemilihannya, maka baik sekali jika semua calon berusaha membangun mimpi besar menjadi pemimpin nasional.

“Kami ingin mengingatkan kembali bahwa pemilu dan pilkada, merupakan kegiatan dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa ini. Untuk itu kami ingin mengajak semua calon peserta pilkada untuk bersama-sama membangun mimpi besar agar kelak menjadi pemimpin bangsa. Karena sejarah kontemporer dunia membuktikan banyak banyak bupati, walikota atau gubernur yang menjadi pemimpin bangsanya,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar), Ferdhiman.

Dalam sambutannya pada “Launching Pasangan Calon dan Deklarasi Pemilukada Damai” Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang (Pilbup) 2013 di Alun-alun Kota Sumedang, Minggu (6/1), ia mencontohkan kepala daerah yang akhirnya menjadi pemimpin bangsa seperti walikota di Meksiko yang akhirnya menjadi presiden negara itu, Walikota Teheran menjadi Presiden Iran, Walikota Istanbul yang terpilih menjadi Perdana Menteri Turki. 

Maka 8 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang masing-masing Didi Ahmadi Djamhir dan Ridwan Solichin, Eni Sumarni dan Arrys Sudradjat, Agus Welianto Santoso dan Muli Mulyati Sukarya, Ecek Karyana dan Irwanto, Oom Supriatna dan Erni Juwita, Taufiq Gunawansyah dan Usep Komaruzaman, Endang Sukandar dan Ade Irawan, Tatang Sutarna dan Hendrik Kurniawan, diajak Ferdhiman agar tidak berhenti bermimpi menjadi bupati atau wakil bupati. Alangkah baiknya kalau dari sekarang mereka membangun mimpi yang lebih besar lagi, yaitu untuk menjadi gubernur atau bahkan Presiden RI.                 

“Mimpi itu tidak ada salahnya dibangun dari sekarang, karena Kabupaten Sumedang merupakan bagian dari Jawa Barat, dan bagian dari wilayah Indonesia,” tutur Ferdhiman seraya mengingatkan kepada penyelenggara Pilbup Sumedang dari KPU kabupaten, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) sampai KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di seluruh TPS (tempat pemungutan suara), agar bertindak sesuai peraturan perundang-undangan pemilu yang berlaku dengan selalu menjunjung tinggi asas Jurdil (jujur dan adil) dan Luber (langsung, umum, bebas, rahasia). Karena jika tidak, maka akan bermasalah dengan sesama dan dipertanggungjawabkan dikemudian hari.        

Di bagian lain sambutannya, ia mengungkapkan sejarah terulang dari 5 tahun lalu bahwa Kab. Sumedang dan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan pilkada secara bersama. Sejarah pilkada bersama ke-2 ini diharapkannya terselenggara lebih baik dibanding 5 tahun lalu.  Karenanya ia mewanti-wanti semua pasangan calon agar Pilbup Sumedang 2013 tidak dijadikan ajang bertempur dengan musuh, tetapi harus dimaknai sebagai fastabiqulkhairat atau kegiatan berlomba-lomba dalam kebajikan.

“Kepada masyarakat pemilih, kami ingin ingatkan kembali janganlah karena beda pilihan, beda pasangan calon yang dijagokan, lantas kita berselisih atau pasea siga lain jeung dulur, padahal kita sama-sama warga Sumedang dan sama-sama warga Jawa Barat. Persatuan dan tali persaudaraan adalah hal utama yang harus kita jalin, ketimbang pilkada yang sifatnya temporer,” pesannya.

Selain itu, semua pasangan calon dan berbagai elemen masyarakat Sumedang juga dingatkan Ferdhiman untuk tidak melupakan bahwa pilkada tidak terlepas dari 3 tujuan nasional, yakni untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban, “Jauhkanlah pemikiran-pemikiran yang kontradiktif dengan tujuan nasional. Janganlah pilkada digunakan untuk pemiskinan, pembodohan dan ketidaktertiban umum”. (MC/KPUJBR)

Sumber : Media Center KPU Jabar | File : | Dibaca : 11125 x


Berita Lainnya

Jadi Penanggung Jawab Pilkada, KPU Merasa Aneh
20 Februari 2015

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay, menyatakan pihaknya siap melaksanakan perintah undang-undang dalam melaksanakan Pilkada yang menurut rencana akan digelar Desember 2015.

KPU: 71 Daerah Belum Anggarkan Pilkada 2015
20 Februari 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum mencatat sebanyak 71 dari 272 daerah belum menganggarkan dana pemilihan gubernur, bupati dan wali kota secara serentak di Desember 2015.

RAPAT KERJA PIMPINAN KPU PROVINSI DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA SE JAWA BARAT
18 Februari 2015

Bandung, 17  Pebruari2015, KPU Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Kerja Pimpinan KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Aula KPU Provinsi Jawa BaratJln. Garut No. 11 Bandung. Rapat dihadiri

Husni Kamil Manik: Kami Siap Gelar Pilkada Serentak 2015
16 Februari 2015

Pada Selasa, 10 Februari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa institusinya siap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak pada 2015 sesuai UU Nomor

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012